Internet Disebut Sebagai Media Massa?

Author: Suhervandri - Ihsan Abdillah // Category:


Internet sebagai salah satu media komunikasi informasi nampaknya akan semakin pesat perkembangannya di masa depan. Hal ini tak lain disebabkan oleh mulai maraknya geliat pertumbuhan bisnis media pemberitaan melalui Internet saat ini. Baik di Indonesia maupun di dunia pada umumnya, ketergantungan masyarakat terhadap kecepatan informasi yang selalu up to date, telah mendorong percepatan tumbuhnya bisnis media online. Jika kecepatan berita koran pernah digeser oleh radio, kemudian popularitas radio tergantikan oleh televisi, maka bukan hal yang mustahil lagi jika suatu saat ketenaran media pertelevisian juga akan tergeser oleh media pemberitaan online lewat Internet. Belum lagi dari sisi teknologi Internet kini pun semakin mendukung pertukaran data dan informasi multimedia yang lebih murah.
Sesuai dengan pendapat Robert R Dominick yang menyatakan bahwa media massa adalah media yang digunakan dalam proses komunikasi massa. Maka syarat utama komunikasi data/informasi melalui media pemberitaan online seperti kompas.com dan detik.com otomatis terpenuhi. Karena dengan media pemberitaan berbasis Internet, segala macam pemberitaan dapat disampaikan dengan sangat cepat kepada masyarakat luas (massa). Inilah mengapa masyarakat kini cenderung lebih memilih Internet sebagai media pemberitaan yang efesien.
Grafik pertumbuhan media Internet pun nampaknya menunjukkan hasil yang serupa, yang berkebalikan dengan koran atau media cetak yang terus saja mengalami penurunan perlahan. Sekitar 40% masyarakat kini mulai beralih ke Internet sebagai media penyedia informasi, angka ini hampir merupakan dua kali lipat dari angka tahun sebelumnya yang hanya 24%. Sedangkan untuk media massa lain seperti radio dan televisi nampaknya masih bisa bernafas lega, karena teknologi penunjang bisnis media melalui Internet memungkinkan konvergensi kedua jenis media ini melalui Internet. Perkembangan teknologi multimedia yang pesat pun turut mempengaruhi prospek cerah Internet sebagai media komunikasi informasi yang cepat.
Perbedaan karakteristik internet dibanding dengan media klasik dalam sistem dan operasional sebagai alat maupun medium komunikasi adalah sebagai berikut :
a. Pertama, Perbedaan utama dan makro tersebut yaitu; internet
adalah media berbasis komputer
b. Kedua, internet sebagai media komunikasi memiliki penawaran interaktif yang dinamis terhadap penggunanya/user,
c. Ketiga, media internet mampu menjadi pusat informasi dan sumber informasi yang tidak terbatas
d. Keempat, luas jangkauan dari media internet tentu saja melintas antar benua, antar negara, serta antar budaya.
e. Kelima, fungsi internet sebagai media, selain sama dengan fungsi media lain, media internet memiliki penawaran untuk
pengembangan bidang jasa maupun bisnis sebagai bagian gaya
hidup.
Mendengarkan radio atau menonton TV masih bisa dilakukan melalui Internet. Masyarakat pun telah banyak menikmati konvergensi layanan pemberitaan ini dari berbagai macam gadget yang terus berkembang saat ini, seperti handphone, PDA, notebook, dan sebagainya. Sedangkan perusahaan-perusahaan media cetak mungkin harus mulai mengembangkan lini baru bisnis beritanya melalui Internet sejak sekarang. Karena walaupun mungkin saat ini bisnis media cetak masih dapat diandalkan, namun bukan tidak mungkin jika kelak bisnis media pemberitaan melalui Internet-lah yang akan menjadi raja.
Roger Fidler (1997 : 35) berpendapat, media baru tidak muncul begitu saja. Bahwa terdapat sebuah sistem yang saling terkait, dan mencatat berbagai kesamaan dan hubungan yang ada antara bentuk-bentuk di masa lalu, masa sekarang, dan yang sedang dalam proses kemunculannya. Ketika bentuk-bentuk media komunikasi yang lebih baru muncul, bentuk-bentuk terdahulu biasanya tidak mati dan terus berkembang dan tidak mati.
(Ihsan Abdillah)

Sumber :
• Buku ”Mengamati Fenomena Citizen Journalism”
• http://edwi.dosen.upnyk.ac.id ”Kajian Internet Sebagai Media Komunikasi Interpersonal dan Massa”. Oleh : Edwi Arief Sosiawan, SIP, Msi

0 Responses to "Internet Disebut Sebagai Media Massa?"

Posting Komentar