Media Online. Media massa atau bukan??

Author: Suhervandri - Ihsan Abdillah // Category:



Media informasi pada saat ini telah berkembang pesat berkat kemajuan teknologi informasi. Tidak dapat dipungkiri, kehidupan manusia sangat diengaruhi oleh arus informasi tersebut. Media massa merupakan salah satu tempat bertukarnya arus informasi dalam skala besar dan berefek besar pula.
Media massa adalah suatu istilah yang sudah mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk menginstilahkan pertukaran arus informasi dalam skla besar dalam masyarakat yang sangat luas. Semua tingkat lapisan masyarakat membutuhkan media massa. Namun, biasanya masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah lebih memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa itu sendiri dibandingkan dengan masyarakat tingkat ekonomi tinngi. Hal ini disebabkan karena masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih rendah memiliki pilihan yang terbatas.
Masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses terhadap media massa, termasuk bertanya secara langsung terhadap sumber maupun para ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa. Namun, hal ini sangat relatif terhadap individu-individu yang mengakses media massa tersebut.
Media massa dapat digologkan menjadi dua golongan. Yakni media masa tradisional dan media massa modern. Media massa tradisional memiliki akses terbit yang cukup terbatas, sedangkan media modern memiliki akses terbit yang lebih luas. Nah! Bagaimana dengan media online? Atau yang lebih sering kita sebut dengan internet?
Menurut Tracy Laquey, internet merupakan jaringan longgar dari ribuan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif. Internet telah tumbuh sedemikian besar sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat diabaikan. Pertanyaan yang timbul sekarang adalah, Apakah media online ini termasuk media massa? Media massa tradisional atau media massa modern?
Sesuatu dikatakan media massa apabila memiliki karakteristik sebagai media massa, yakni:
• Komunikator terlembaga
Menurut Wright komunikator dalam media massa bergerak dalam organisasi yang kompleks.
• Pesan bersifat umum
Ditujukan untuk semua orang dan tidak ditujukan untuk sekelompok tertentu.
• Komunikan anonim dan heterogen
Komunikatornya tidak mengenal komunikan (anonim), karena komunikasinya menggunakan media dan tidak tatap muka. Disamping anonim, komunikan komunikasi massa adalah heterogen, karena terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda, yang dapat dikelompokkan berdasarkan faktor: usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, latarbelakang budaya, agama dan tingkat ekonomi.
• Pesan serempak
Jumlah sasaran khalayak atau komunikan yang dicapainya relativ banyak dan tidak terbatas. Bahkan lebih dari itu, komunikan yang banyak tersebut secara serempak pada waktu yang bersamaan memperoleh pesan yang sama pula.
• Mengutamakan isi dibandingkan hubungan
pesan harus disusun sedemikian rupa berdasarkan sistem tertentu.
• Bersifat satu arah
Tidak terjadi komunikasi timbal balik yang menyebabkan umpan balik tertunda.

Dilihat dari karakteristik media massa di atas, Internet dapat dikatakan sebagai media massa,karena memenuhi karakteristik sebagai media massa itu sendiri.
Media online, tampak atau tidak tampak bergerak dalam organisasi yang kompleks. Organisasi atau lembaga seperti media online okezone.com maupun koran-koran yang menggunakan media internet sebagai salah satu alternatif penyampaian informasi secara massa. Citizen Journalism, walaupun secara kasat mata itu merupakan pemaparan informasi yang dilakukan oleh perorangan, namun media yang digunakan tersebut berada dalam satu wadah yang berbentuk lembaga atau organisasi.
Pesan yang disampaikan media online pun bersifat umum. Komunikannya-pun anonim dan heterogen karena bersifat satu arah yang menyebabkan tertundanya feedback dari penikmat media informasi. Karena cangkupannya yang luas dan dapat diakses siapa saja oleh semua orang di seluruh dunia, maka media online dapat dikatakan sebagai media massa modern. (Suhervandri)

Sumber :
1. Buku “Mass Media” oleh David McKay Company Inc. New York
2. Buku “ Internet, Media sastra Abad ini” oleh David Lorens
3. duapena.multiply.com
4. Karakteristik Media Massa oleh Alivia Dwi Ayu (oliviadwiayu.wordpress.com)

0 Responses to "Media Online. Media massa atau bukan??"

Posting Komentar